Fakta Tentang Garam

Di dalam tubuh manusia mengandung asam dan basa, sedangkan garam berfungsi dalam mengatur kontraksi otot, sel-sel saraf, membantu konsentrasi otak, dan menjaga tubuh agar tidak lemas. Konsumsi garam dalam batas normal dibutuhkan utnuk mempertahankan cairan di dalam tubuh untuk kelancaran sirkulasi darah, hal ini dikarenakan sodium klorida yang dikandungnya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih akan menyebabkan kepadatan tulang menjadi berkurang. Foto GaramKadar garam yang berlebihan di dalam tubuh akan dikeluarkan, hal inilah yang menyebabkan kalsium juga ikut keluar. Jika berkelanjutan akan menyebabkan penyakit osteopeni, yaitu kepadatan tulang berkurang. Normalnya manusia membutuhkan 500 gram garam di dalam tubuh dan jika berlebih dan terjadi terus menerus akan menimbulkan osteoporosis.

Artikel terkait : 

Tidak hanya itu, konsumsi garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan patah tulang, stroke, dan serangan jantung.  Kadar garam yang berlebihan menyebabkan melebarnya pembuluh darah, fatalnya jika menimbulkan pecahnya pembuluh darah yang berujung kepada stroke. Ketika level sodium tinggi, tubuh menahan berupa volume cairan di dalam tubuh yang terus meningkat.

Dalam keadaan yang sama, tingginya kadar garam di dalam tubuh juga akan menekan jantung, dan meningkatkan resiko serangan jantung koroner. Maka dari itu, sudah saatnya kita menjaga asupan garam di dalam tubuh kita. Orang dewasa mungkin bisa mengeluarkan garam dari tubuh yang berlebih melalui ginjal. Namun bagi anak-anak akan mengalami kesulitan karena tidak mempunyai cukup kapasitas untuk memproses garam dan mengeluarkannya kembali, hal ini dikarenakan organ-organ di dalam tubuh anak belum berkembang secara maksimal. Jika anak mengonsumsi garam berlebih dan menumpuk di dalam tubuh akan menimbulkan kerusakan jantung, hati, dan otak.

Fakta Tentang Garam